AKI MELEDAK, WASPADALAH!


AKI MELEDAK, WASPADALAH!

oleh: mufatis maqdum

dok. aki yang meledak *merek sensor*

Belum seminggu yang lalu ada sebuah kejadian yang membuat saya tergugah kembali mengisi blog saya yang lama terbengkalai entah kenapa tapi ya sudahlah, baiklah kembali lagi bahwa belum genap sepekan kemarin ada saudara yang mengalami “tragedi” atau mungkin kalau bahasanya terlalu “miris” ya anggaplah itu insiden entah kecil atau besar atau apalah itu.

ya, waktu itu saudara saya kabarnya matanya menjadi korban ledakan aki, entah kenapa dan apa penyebab utama aki tersebut meledak hingga saat ini belum bisa dipastikan, tapi yang jelas beruntung saudara saya tidak mengalami cedera serius karena setelah insiden tersebut terjadi dia langsung medapat pertolongan pertama dari puskesmas dan langsung dirujuk ke rumah sakit, syukur sekarang penglihatannya tidak mengalami masalah.

beberapa hari kemudian saya berkesempatan menuju lokasi, ternyata aki yang meledak tersebut masih ada belum diungsikan, langsung saja saya foto aki tersebut agar bisa jadi pelajaran berharga bagi siapapun, karena saya sendiri terbilang sangat sering sekali melakukan aktifitas “charger” aki karena aki kendaraan saya sering mengalami masalah tersebut dan kebetulan saya juga punya alat chargernya sendiri sebab udah bosen bolak balik ke tukang cas aki.

sering saya membaca beberapa tulisan tentang kemungkinan aki meledak, namun kejadian yang menimpa saudara saya membuat saya tertarik untuk menulis ulang beberapa hal yang patut diperhatikan bagi kita yang melakukan aktifitas tersebut, beberapa saya ambil dari referensi dan beberapa saya dapatkan dari hasil ngobrol saya dengan saudara-saudara setelah kejadian tersebut, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan:

  1. Hindari hubungan pendek antara terminal (+) dan (-)
  2. tegangan melewati batas dari yang di tentukan
  3. Jangan menyalakan api atau merokok di dekat aki
  4. Menggunakan lampu/senter untuk penerangan bila harus melakukan pemeriksaan aki di malam hari/tempat gelap.
  5. Aki dapatmeledak karena intercell connector yang kurang bagus dan cairan aki (acid) berkurang karena penguapan
  6. sentuhan antar plat dapat memicu percikan api. larutan asam semakin berkurang serta plat tidak lagi terendam. Ini dapat menyebabkan plat melengkung. Saat kunci start diputar, permintaan tenaga listrik dalam jumlah besar untuk menggerakkan motor starter bisa menyebabkan plat bengkok itu menjadi lentur yang bisa saja bersentuhan dengan plat lain hingga menimbulkan percikan api.
  7. saat mencharge buka tutup aki dan ganti dengan kain untuk mengurangi bahaya ledakan yang mungkin timbul
  8. jika keluar asap dari dalam aki saat mesin mobil hidup atau keluar bau menyengat yang tajam waspada aki sudah soak
  9. sumber apinya pemicu ledakan bisa dari korsleting kabel
  10. kutub dan kabel yang kotor dapat menghambat arus listrik dan bisa menimbulkan loncatan bunga api

 

demikian sedikit informasi yang bisa saya tulis, untuk lebih mendalamnya bisa ditanyakan langsung kepada yang lebih ahli di bidangnya. Tetap waspada dan utamakan keselamatan, dan satu hal lagi yang menarik dalam insiden ini, entah kenapa banyak dari orang orang yang berkomentar bahwa insiden ini dikait-kaitkan dengan peran “dunia lain” bahkan beberapa juga menghubungkannya dengan masa waktu terjadinya insiden ini yakni bulan “suro”, namun bagaimana dan mengapa serta apa yang ada dalam benak ini akan saya tuangkan dalam coretan saya selanjutnya disini, wallohua’lam.

 

di intisarikan dari referensi:

http:// www laskar-suzuki com/2011/05/awas-aki-meledak.html

http:// indonesiaindonesia com/f/7570-cegah-aki-meledak/

http:// www otoqita com/2014/02/aki-meledak-saat-dipakai-jumper-mobil.html

http:// otomotifnet com/Mobil/Tips/Aki-Bisa-Meledak-Usut-Sumber-Api

http:// www mobil88.astra co.id/info/berita/baca/212/Tips-Mencegah-Aki-Meledak

https:// kesmasmasyarakat.blogspot co.id/2014/08/cara-mengatasi-aki-meledak.html

http:// www kiosban com/cegah-aki-meledak/

Categories: Wawasan | Tags: , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a comment

Blog at WordPress.com.