Jalan – Jalan Pacitan (3)

Jalan – Jalan Pacitan (3)

Oleh: Mufatis Maqdum

Klayar Beach - Pacitan - Indonesia

Klayar Beach – Pacitan – Indonesia

Minggu, 31 Agustus 2014

Setelah istirahat total semalaman, pagi hari pukul 6 kami sudah bertolak dari lorok, walau sebenarnya meleset dari rencana awal yang kami akan bertolak jam 5 pagi namun tidak menjadi masalah. Dari Lorok kami langsung melewati jalur lintas selatan untuk menuju pantai klayar. Jalanan masih pagi dan sepi disini mobil bisa dipacu hingga 100 km/jam dan hanya sekitar 45 menit dari Lorok kami sudah sampai Pacitan kota. Disana kami tidak langsung ke klayar namun kami mecari sarapan pagi dahulu di warung sekitar kota.

Selesai sarapan kami melanjutkan perjalanan menuju pantai Klayar, lokasinya yang cukup jauh membuat kami harus memacu kendaraan lebih cepat karena jika terlalu siang maka membuat panas di pantai juga khawatir jalan menuju lokasi yang macet karena bertepatan dengan hari minggu.

Jalur menuju pantai klayar cukup mudah, dari punung satu jalur melewati goa Gong. Jalur dari punung ke goa gong cukup bagus dan kendaraan besar bisa melaluiya. Namun begitu lepas area goa Gong menuju pantai Klayar disana banyak perbaikan jalan dan jalurnya sangat kecil sehingga tak jarang di beberapa ruas jalan maupun tingkungan mobil harus rela antri bergantian karena tidak cukup untuk bersisipan, banyak juga tanjakan-tanjakan curam membuat mobil matic kami berubah menjadi manual untuk menyesuaikan tanjakan ditambah lagi tanjakan dan turunan curam juga tingkungan tajam sangat menghalangi jarak pandang sehingga banyak sukarelawan dijalan yang mengatur dan memberi aba-aba di sepanjang jalan dari goa gong menuju pantai klayar. Namun dari semua medan tersebut akan dibayar lunas saat sampai di lokasi pantai.

Puas di pantai Klayar, kami melanjutkan perjalanan menuju Goa Gong. Karena waktu itu sudah masuk waktu dhuhur dan bertepatan dengan hari libur, goa gong sangat ramai sekali bahkan hingga parkir bus antri karena full, beruntung kami menggunakan mobil kecil sehingga kami bisa parkir langsung di sekitar dekat goa gong.

Setelah menunaikan sholat, kami langsung memasuki goa. Suasana yang ramai waktu itu membuat goa terasa pengap. Sebelum masuk banyak orang yang menawarkan sewa senter karena kondisi di dalam goa masih gelap. Di sekitar jalan menuju mulut goa juga banyak orang berjualan souvenir dari baju hingga batu akik.

Setelah dari goa gong kami melajutkan perjalanan menuju pantai Taman dan konservasi Penyu, namun kami tidak langsung menuju kesana karena jarak masih jauh dan sudah masuk waktu makan siang. Kami mampir di rumah makan bu Gandos.

Rumah makan ini sangat mudah dijangkau, lokasinya di tepi jalan dengan khas lesehan dan pemandangan pantai Teleng Ria membuat betah para pengunjung untuk singgah disini. Selain itu harganya yang sangat terjangkau, dengan menu Nasi Tiwul dan ikan Bakar terasa sangat nikmat sekali. Bagi anda yang sedang berwisata ke Pacitan tidak ada salahnya untuk singgah di rumah makan ini.

Selesai makan kami langsung tancap gas menuju pantai taman karena hari sudah sore. Dengan tetap melalui jalur lintas selatan kami tidak langsung menuju pantai Taman namun juga berhenti sejenak di salah satu tebing dengan pemandangan pantai Soge.

Selesai bernarsis ria di tebing dengan pemandangan pantai Soge, kami langsung menuju pantai Taman. Tiket masuknya Rp 3000 dan untuk masuk ke konservasi penyu ditarik lagi tariff Rp 2000 per orang. Puas berpose dengan penyu akhirnya kami mencari lokasi untuk menikmati sore hari hingga matahari terbenam sebelum kami pulang meninggalkan Lorok.

==================================================

Special thanks to: Eko Ph.D,  Selvia Chia.

All photos, shoot by: Iphone 5s + Ipad Mini 2

>>> JELAJAH JALANAN, Kembali Menyapa Pesona Pacitan <<<

>>> Pacitan: Mengintip Surga Jawa Timur Yang Tersembunyi <<<

Dokumentasi terkait:

penunjuk arah melalui Jalur Lintas Selatan (JLS)

salah satu sisi di Jalur Lintas Selatan (JLS) Lorok - Pacitan

salah satu sisi di Jalur Lintas Selatan (JLS) Lorok – Pacitan

kondisi jalan mulus dan sepi (KEEP SAFETY!!!)

penunjuk arah

dari pertigaan Punung, Goa Gong 7km dan Pantai Klayar 19km

salah satu kondisi jalan dari goa Gong menuju Klayar yang masih dalam perbaikan

di beberapa ruas jalan dari goa gong menuju klayar harus dilewati bergantian karena ruas yang tidak memadai untuk bersisipan

selamat datang di pantai Klayar

di dalam goa Gong

warung lesehan Bu Gandos

makan Nasi Tiwul dan ikan bakar di warung lesehan Bu Gandos

pemandangan Pantai Soge dari atas bukit

jalan menuju lokasi konservasi penyu di pantai Taman

beberapa penyu di kolam penangkaran

Categories: Jalan - Jalan | Tags: , , , , , , , | 4 Comments

Post navigation

4 thoughts on “Jalan – Jalan Pacitan (3)

1. Pingback: Jalan – Jalan Pacitan (2) | Mufatis Maqdum

2. Pingback: (timelapse video) Teleng Ria, Pidakan, Klayar, Taman. Pacitan Indonesia | Mufatis Maqdum

3. Pake motor mas bro.lbh asyik.aq kemarin lwt sana.madiun,pacitan,trenggalek,tlngagung,blitar,malang,lumajang,jember.