Telaga Pasir, Telaga Sarangan – Magetan – Jawa Timur


Telaga Pasir, Telaga Sarangan – Magetan – Jawa Timur

29-30 Desember 2012

Oleh : Mufatis Maqdum

 

Satu lagi wisata yang menjadi andalan jawa timur adalah Telaga Sarangan. Telaga Sarangan terletak di kabupaten Magetan yang berjarak sekitar 16 km arah barat Magetan atau sekitar 5 km dari arah Tawangmangu. Rute menuju telaga sarangan juga berliku-liku dengan tanjakan dan turunan, jadi anda harus berhati-hati jika akan menuju kesini serta jangan lupa cek kondisi kendaraan anda agar lancer dan selamat di perjalanan.

Telaga sarangan juga biasa disebut dengan Telaga Pasir, terletak di posisi 1287dpl dengan pemandangan menarik serta udara yang sejuk membuat lokasi ini menjadi salah satu wisata yang menjadi andalan kabupaten Magetan. Telaga yang terbentuk dengan proses alami dan dikelola sedemikian rupa membuat banyak pengunjung yang mengunjungi lokasi ini.

Pemandangan di sekitar telaga sarangan sangat indah, penulis bisa melihat langsung gunung lawu dan perbukitan di sekitarnya karena telaga ini terletak di kaki gunung lawu, namun ketika itu kondisi sedang berkabut, sehingga penulis baru bisa melihat gunung lawu di pagi harinya.

Di sore hari, penulis menyempatkan diri menaiki speedboat yang disewakan dengan tariff Rp 40.000 untuk 1x putaran dan Rp 100.000 untuk 3x putaran, dan selain speedboat juga ada pilihan lainnya yaitu bebek bermotor dengan tarif yang sama. Malam harinya banyak orang yang berjalan-jalan di sekitar telaga untuk mencari makanan semacam sate kelinci atau ayam dan jagung bakar yang banyak tersedia di sekitar telaga. Pagi hari penulis menyempatkan diri untuk berjalan kaki mengitari telaga melewati jalanan yang ada di situ. Sebenarnya untuk memutari telaga, anda bisa menaiki kuda yang banyak tersedia disitu dengan tarif Rp 40.000 untuk satu kali putaran. Waktu penulis jalan-jalan pagi memutari telaga, penulis banyak melihat para wisatawan yang joging, berjalan-jalan santai maupun berkuda mengitari telaga ini. Karena udara masih sejuk dan kabut belum turun sehingga pemandangannya lebih indah dengan latar gunung lawu dibelakangnya.

Bagi anda yang ingin bermalam di telaga sarangan, disana banyak tersedia penginapan dan hotel, tapi jika hari libur disarankan untuk booking jauh hari, karena makin hari pengunjung disini makin banyak sehingga membuat hotel dan penginapan sudah banyak dipesan lebih dahulu. Dan jika anda di sana jangan lupa untuk mencoba sate kelinci dengan harga Rp 8000 untuk satu porsi sate kelinci dan Rp 2000 untuk lontongnya.

 

 

Foto-foto terkait:

Categories: Jalan - Jalan | Tags: , , | 4 Comments

Post navigation

4 thoughts on “Telaga Pasir, Telaga Sarangan – Magetan – Jawa Timur

  1. minta CP untuk wisata ini dong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: