Memahami Makna Dibalik Hubungan Antara Tasbih (سبحان الله), tahmid (الحمدلله), dan takbir (الله أكبر)


Memahami Makna Dibalik Hubungan Antara Tasbih (سبحان الله), tahmid (الحمدلله), dan takbir (الله أكبر)

 

Tiap kali seusai sholat rawatib kita di anjurkan untuk berdzikir kepada Allah SWT, banyak sekali dzikir yang dianjurkan untuk dibaca sesuai dengan yang pernah dikerjakan oleh nabi SAW. Salah satu dari sekian itu ada dzikir yang sudah biasa dibaca oleh umat islam di dunia ini, yakni membaca kalimat tasbih, tahmid dan takbir. Kalimat tasbih (سبحان الله), tahmid (الحمدلله), dan takbir (الله أكبر) biasanya dibaca tiap seusai sholat masing-masing 33 kali dan biasanya disempurnakan menjadi 100 bilangannya dengan bacaan “لا إله إلا الله وحده لا شريك له، له الملك و له الحمد وهو على كل شيء قدير”, hal ini dilakukan seusai menjalankan ibadah sholat lima waktu dalam rangka berdzikir kepada Dzat Sang Pencipta seraya mengharap fadhilah-fadhilahnya, dalam sebuah hadist dikutip dari kitab al-adzkar salah satu karya besar milik Imam Nawawi yang sudah tidak asing lagi dikalangan orang muslim disbutkan sebuah hadist pada nomor 188:

عن أبي هريرة رضي الله عنه، عن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال: “من سبح الله في دبر كل صلاة ثلاثا و ثلاثين، و حمد الله ثلاثا و ثلاثين، و كبر الله ثلاثا و ثلاثين، و قال تمام المائة: لا إله إلا الله وحده لا شريك له، له الملك و له الحمد وهو على كل شيء قدير، غفرت خطاياه وإن كانت مثل زبد البحر”.

Artinya:

Dari Abu Hurairah RA., dari Rasulullah SAW beliau bersabda: barang siapa yang bertasbih kepada Allah 33 kali, bertahmid kepada Allah 33 kali, dan bertakbir kepada Allah 33 kali, serta menyempurnakan keseratusnya: لا إله إلا الله وحده لا شريك له، له الملك و له الحمد وهو على كل شيء قدير, maka diampuni kesalahan-kesalahannya sekalipun seperti buih lautan.

Disisi lain, dzikir-dzikir yang sudah tidak asing lagi dibaca seusai sholat fardhu ini memiliki makna-makna mulia yang terkadung, kalimat tasbih (سبحان الله) memiliki arti “Maha Suci Allah”, kalimat tahmid (الحمد لله) memiliki arti “Segala puji bagi Allah”, sedangkan kalimat takbir (الله أكبر) memiliki arti “Allah Maha Besar”, ketiganya yakni tasbih, tahmid dan takbir memiliki hubungan satu sama lain dalam makna-makna yang terkandung didalam masing-masing tersebut. Kalimat tasbih (سبحان الله) bermakna hubungan dengan Tuhan, yakni tiap kali kita mengagung-agungkan maka tiada lain yang pantas untuk kita agungkan dan sucikan melainkan Allah SWT dengan segala kemuliaan dan dzat-Nya. Kalimat tahmid (الحمد لله) bermakna hubungan dengan manusia, yakni tiada yang pantas kita lakukan dan ucapkan selain rasa syukur kita terhadap segala apa yang telah dikaruniakan oleh Sang Pencipta, rasa syukur kita terhadap orang-orang disekitar kita yang telah ikut andil dalam kehidupan sehari-hari. Kalimat takbir (الله أكبر) bermakna hubungan dengan alam sekitar, kalimat ini sering diucap manakala kita dilanda ketakjuban yang amat mengenai alam semesta ini yang menunjukkan kebesaran Allah SWT.

Jadi kita membaca tiap usai sholat dzikir tasbih disambung dengan tahmid kemudian takbir itu bermakna satu kesinambungan atau hubungan yang erat satu sama lain, secara tidak langsung kita telah diajari bagaimana kita harus membagi porsi satu sama lain, yakni hubungan dengan Allah, hubungan dengan sesame manusia, dan hubungan dengan alam semesta. Maka jikalau ketiga hubungan tersebut dapat kita jalin dengan baik, maka pasti kita akan menemukan banyak faidah atau manfaat dalam hidup ini, sebaliknya jika tidak seimbang maka yang terjadi adalah sebaliknya. Maka dari itu, ketiga hubungan tersebut harus terjalin rapi dan erat satu sama lain, tidak mengutamakan satu dari yang lain, karena ketiganya adalah satu kesatuan, dan ini secara tidak langsung telah diajarkan kepada kita umat islam melalui makna-makna yang mulia seperti itu. Semoga hal ini dapat bermanfaat bagi kita semua amin……..

 

 

Jombang, 11 juni 2011.

Categories: Wawasan | Tags: , , , , , , | 1 Comment

Post navigation

One thought on “Memahami Makna Dibalik Hubungan Antara Tasbih (سبحان الله), tahmid (الحمدلله), dan takbir (الله أكبر)

  1. Terima kasih.. informasi tentang Fakta hubungan Tasbih dan Tahmid dst sangat bermanfaat bagi kami.
    Untuk memudahkan menghitung bacaan tasbih bisa menggunakan tasbih giok, bisa di peroleh di http://www.tasbihgiok.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: