Berdoa, berdoa dan berdoa……


Setelah lelah menyiapkan segala sesuatu dengan matang, maka kita selalu berharap agar segala usah yang telah kita kerjakan dengan susah payah tidak terbuang sia-sia. Terlebih jika usaha tersebut telah membuat kita jungkir balik mengeluarkan segala daya upaya tenaga materi bahkan batin juga, maka kita selalu berharap akan keberhasilan dari semua itu. Akan tetapi pada kenyataannya, ikan yang sudah berada didalam jaringpun bisa lepas kembali ke tengah lautan, artinya hasil yang telah kita harap-harapkan untuk dapat kita raih itu sudah jelas didepan mata, tapi kadang itu malah meleset dan tidak dapat kita raih. Entah apa sebabnya hal tersebut hingga membuat kita menjadi berang marah bahkan frustasi hingga kehilangan semangat juang. Hal seperti inilah yang sering kita dapati di sekitar kita dan bahkan sering pula kita alami sendiri. Kadang kala kita dapat mengatasinya dengan baik, hingga kita dapat kembali berjuang, tapi ada pula terkadang setelah jatuh dari hal tersebut itu membuat kita beralih bahkan berpaling hingga jatuh pada lembah hitam, dan realita tadi adalah gambaran nyata dari sekian macam lika liku hidup yang kita alami dan kita dapati.

Dalam mengarungi hidup ini tidak cukup usaha dhohir saja yang kita lakukan agar kita dapat mencapai hasil yang kita inginkan. Dalam agama kita diajarkan dua hal penting yang harus selalu ada dalam satu paket, yakni ikhtiar dan tawakkal. Ikhtiar dalam usaha yang mati-matian agar mencapai sukses, dan tawakkal dalam bentuk berpasrah diri dan berdoa. Maka ikhtiar saja atau tawakkal saja tidaklah cukup, namun yang bagus adalah ikhtiar kemudian tawakkal.

Berdoa memiliki banyak keutamaan dan pijakan yang kuat untuk kita boleh laksanakan; Allah SWT berfirman dalam surat al-Baqarah 186:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ (١٨٦)

186. dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka (jawablah), bahwasanya aku adalah dekat. aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Ghofir 60:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ (٦٠)

60. dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku[1326] akan masuk neraka Jahannam dalam Keadaan hina dina”.

[1326] Yang dimaksud dengan menyembah-Ku di sini ialah berdoa kepada-Ku.

 

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Isra’ 110:

قُلِ ادْعُوا اللَّهَ أَوِ ادْعُوا الرَّحْمَنَ أَيًّا مَا تَدْعُوا فَلَهُ الأسْمَاءُ الْحُسْنَى وَلا تَجْهَرْ بِصَلاتِكَ وَلا تُخَافِتْ بِهَا وَابْتَغِ بَيْنَ ذَلِكَ سَبِيلا (١١٠)

110. Katakanlah: “Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai Al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya[870] dan carilah jalan tengah di antara kedua itu”.

[870] Maksudnya janganlah membaca ayat Al Quran dalam shalat terlalu keras atau terlalu perlahan tetapi cukuplah sekedar dapat didengar oleh ma’mum.

Allah SWT berfirman dalam surat Al-A’raf 55:

ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً إِنَّهُ لا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ (٥٥)

55. Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas[549].

[549] Maksudnya: melampaui batas tentang yang diminta dan cara meminta.

روى النعمان بن بشير عن النبي صلى الله عليه و سلم أنه قال: “إن الدعاء هو العبادة ثم قرأ: (ادعوني أستجب لكم)“.

Nu’man bin Basyir meriwayatkan dari Nabi SAW bahwasannya Beliau bersabda: “Doa adalah Ibadah kemudian beliau membaca (ادعوني أستجب لكم)”.

Categories: Wawasan | Tags: , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: