Membaca Efektif dan Efisien


SQ3R

 

Efisiensi dan efektifitas dalam aktivitas membaca adalah hal yang penting dan perlu diketahui oleh khalayak terutama bagi mereka yang gemar membaca. Salah satu metode yang sudah cukup popular adalah metode SQ3R. Metode ini pertama kali diperkenalkan oleh Francis P. Robinson seorang guru besar psikologi di Ohio State University Amerika Serikat pada tahun 1941. Nama SQ3R merupakan singkatan dari beberapa langkah yang dilalui dalam metode tersebut yakni:

1.      S, Survey = Meninjau

2.      Q, Question = Bertanya

3.      R, Read = Membaca

4.      R, Recite = Menuturkan

5.      R, Review = Mengulang

Berikut penjelasan dari tahapan proses metode tersebut:

1.      S (SURVEY)

Pada tahapan ini dilakukan peninjauan sepintas untuk mengumpulkan informasi yang dibutuhkan, peninjauan ini kepada seluruh struktur teks atau buku atau yang lainya, semisal beberapa hal yang bisa di tinjau adalah judul, kepala judul, subbab, istilah, kata kunci, kalimat kunci, grafik, diagram, foto-foto dll. Hal ini dilakukan minimal agar memperoleh gambaran umum dari ide pokok.

 

2.      Q (QUESTION)

Pada tahapan ini membuat pertanyaan yang berhubungan dengan beberapa hal dengan lebih memfokuskan kepada telah di ketahui dari tahap sebelumnya secara umum.

 

3.      R (READ)

Tahapan ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul di tahapan sebelumnya, dengan membaca secara aktif dan difokuskan kepada paragraph atau bagian yang diperkirakan mengandung jawaban dari pertanyaan tersebut.

 

4.      R (RECITE)

Pada tahapan ini dilakukan dengan kembali menuturkan kembali jawaban-jawaban dari pertanyaan yang muncul di tahap sebelumnya. Hal ini agar poin-poin yang telah diperoleh tidak hilang karena lupa, dan selain itu juga untuk lebih melatih konsentrasi dan daya ingat.

 

5.      R (REVIEW)

Tahapan ini untuk menyempurnakan tahapan-tahapan sebelumnya, dengan kembali menuturkan pertanyaan dan jawaban serta poin-poin penting dari peninjauan awal akan lebih membuat kuat daya ingat dan menegaskan kembali poin-poin yang diperoleh. Tahapan ini akan lebih matang dengan mencoba untuk menyampaikan hal yang diperoleh kepada orang lain.

 

Semoga bermanfaat bagi semua kawan. Salam Damai Selalu.

 

 

*Diintisarikan dari berbagai sumber

Categories: Wawasan | Tags: , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.