sekilas saja ke munjungan


Beberapa waktu lalu saya mendapat undangan dari seorang teman untuk menghadiri resepsi pernikahannya. Sejenak ikut bahagia karena ada teman yang akhirnya bertemu dengan jodoh dan dapat membangun sebuah keluarga. Akan tetapi yang menarik disini adalah lokasi tempat tinggal dia yang ada di daerah munjungan kabupaten trenggalek jawa timur yang notabene terkenal dengan rute akses menuju lokasi yang terbilang sangat ekstrem.

Seperti kita ketahui bersama jika kebanyakan wilayah daerah di jawa terdiri dari dataran tinggi, dataran rendah dan pegunungan, adanya hal tersebut mengakibatkan penerapan prinsip bidang miring dalam pembuatan jalan, hal ini dibuat agar mempermudah pemakai jalan saat melalui medan tersebut, sehingga banyak kita temukan turunan, tanjakan dan kelokan. Seingat saya, beberapa jalan yang pernah saya lalui di jawa ada yang memiliki kelokan tanjakan dan turunan dengan level yang berbeda-beda, seperti daerah puncak bogor, gunung kumitir jember-banyuwangi, pujon-kandangan malang-kediri, nongkojajar pasuruan, gunung penanjakan bromo, cangar-pacet malang-mojokerto, cadas pangeran, alas roban, munjungan kabupaten trenggalek. Jika dibanding-bandingkan, maka rute menuju munjungan di kabupaten ternggalek lah yang memiliki tanjakan, turunan dan kelokan yang terbilang sangat ekstrem dari yang lain, munjungan terletak sekitar 46 km rute dari kecamatan kampak menuju kecamatan munjungan yang melewati “pagar gunung selatan” terbilang sangat berbahaya bagi siapapun yang sama sekali tidak mengenal medan, apalagi jika hujan turun, selain bahaya longsor, jalan licin dan rusak pun menjadi persoalan tersendiri. Rute dari kampak menuju munjungan biasa ditempuh lama perjalanan sekitar 1,5 jam, dan biasanya di daerah kampak banyak yang menyediakan jasa joki untuk melewati medan tersebut. Bisa dibayangkan bagaimana keadaan tanjakan disana yang boleh dibilang sangat curam, dan pula panjang tanjakan yang sangat-sangat panjang, bias dihitung ada 3 tanjakan panjang mulai kampak ke munjungan dan tanjakan terakhirlah yang dibilang sangat panjang hingga sampai ke puncak pagar gunung, bagi yang belum pernah ke sana kebanyakan mereka takut karena tanjakan yang tinggi curam panjang dan disisi adalah tebing-tebing tinggi, akan tetapi disana akan terbayar lunas dengan pemandangan sekitar jalan yang eksotik dan pula pantai yang terbilang sangat indah di munjungan, pantai yang sangat berpotensi bagi kabupaten trenggalek akan tetapi dikarenakan akses yang sulitlah menjadi kedala utama untuk sektor pariwisata daerah tersebut.

Oleh karenanya seyogyanya bagi kita untuk mengetahui lebih dulu bagaimana rute yang akan kita lalui untuk keselamatan dan kenyamanan bepergian. Dan jangan lupa berdoa semoga selamat sampai tujuan.

Categories: Jalan - Jalan | Tags: , , , , , , , | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “sekilas saja ke munjungan

  1. caphi

    mantaf..

  2. Any State or central Government employee who is drawing pension
    through any branch of the Allahabad Bank gets eligibility for this
    loan. Terry’s bill is what we have wanted all along, and with clever timing and a deft use of the media,
    we can succeed in finally bringing this issue to a close.
    A Russian jet carrying 44 people mysteriously disappeared today after descending to 6,000 feet near Mount Salak, a volcano south of Jakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: