Pembelajaran dan pengkaderan


*terdorong menulis ini setelah melihat beberapa teman disekitar,, salam damai bagi kita semua……

 

Pembelajaran dan pengkaderan, itulah sumber dari beberapa hal selama ini menyelimuti banyak hal diantara mereka, bukankah semua itu sudah jelas seperti tertera dalam hal hal yang mendasari semua ini, maka saat fungsi-fungsi itu mengalami beberapa problema, maka akan merembet pada semuanya yang saat ini berkemelut dan menyebabkan semua hampir lupa dengan hal tersebut.

Pembelajaran akan banyak hal, bagaimana bersosial dengan sesama, memahami lika-liku karakter sekitar, bagaimana bisa menyesuaikan hingga dapat bertahan dengan cara-cara yang benar, hingga dapat menempatkan diri dimanapun berada dan bisa total dengan hal tersebut. Dan tak lupa pula mencetak bibit-bibit unggul yang bisa diandalkan untuk melanjutkan visi misi yang telah dituju bersama, sehingga proses yang selama ini telah dirancang dengan matang jauh-jauh haripun tak akan sia-sia di kemudian hari.

Memang proses untuk dapat merealisasikan kedua fungsi tersebut tidaklah semudah membalik tangan, untuk itulah dibuat beragam program-program dengan macam tujuan dan target masing-masing, yang mana semua itu adalah ibarat sebuah racikan yang nantinya akan membuahkan hasil dengan mencetak individu-individu yang berkarakter sesuai dengan semua itu. Namun dalam realita yang ada semua berharap untuk hasil hasil yang maksimal akan tetapi mengesampingkan proses tersebut, padahal banyak hala yang akan didapat dalam proses tersebut tentang pembelajaran-pembelajaran yang sangat bernilai harganya. Begitu pula dalam proses pencetakan bibit unggul pun tak semudah yang direncanakan, memang dibutuhkan ketelatenan dan keuletan untuk dapat mewujudkan semua itu, sebagaimana kata orang jawa “ene rego ene rupo” yang artinya “ada harga ada rupa”, ini maksudnya semua nya tergantung sesuai usaha, semakin payah usaha maka semakin tinggi nilai yang akan didapat, karena nilai tersebut tergantung pada usaha yang diperbuat, ibarat kata seorang filsuf yunani “hidup yang tidak di uji adalah hidup yang tidak bernilai”.

Memang semua itu membutuhkan sebuah pengorbanan, akan tetapi sekecil apapun pengorbanan itu pastilah tak akan menjadi sia-sia jika pengorbanan itu adalah untuk sebuah perjuangan ataupun kebenaran, sabar dan jiwa besar pun perlu dipupuk sejak dini, karena hanya berbekal sabar tanpa diliputi jiwa yang besar akan menjadikan orang yang emosional dan kurang legowo, begitu pula tanpa kesabaranpun jiwa besar akan menjadi kecil menciut menjadikan sosok individu yang lemah mental dan jiwa yang pesimis, akan tetapi dibalik semua itu akan terdapat banyak hikmah-hikmah yang berserak dan kesuksesanpun akan didapat. Oleh karenanya dalam alquran dijelaskan dalam surat al-insyiroh ayat 1:

أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ (١)

1. Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?,

Maka lapang dada itulah kuncinya kemudian saat badai telah berlalu kesuksesanpun akan datang:

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (٥)إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (٦)

5. karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,

6. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.

Begitulah sebagaimana dijelaskan dalam al-quran.

 

Maka diawali dengan rencana yang matang dan niat yang benar kemudian bersungguh-sungguh dalam perjalanan proses yang ada lalu membuat ending yang baik itulah yang menjadikan target dicapai dengan sempurna.

إنما الأعمال بالنية Sesungguhnya perbuatan itu tergantung pada niatnya

من جد وجد  barang siapa bersungguh-sungguh maka akan mendapatinya

إنما الأعمال بالخواتم sesungguhnya perbuatan itu tergantung pada akhirnya

oleh karenanya,,,, mari kita bersama lakukan yang terbaik,,, rancang dengan matang,,, lalui dengan sabar tegar dan kesungguhan,,,, dan membuat finishing yang menyenangkan…. kerja keras di ikuti dengan ikhlas keras……

 

semoga bermanfaat bagi kita semua…. amin….. barokalloh…

Categories: Wawasan | Tags: , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: