Sekilas tentang tartil & tajwid


Doa memulai membaca al-quran

اللّهم عظّم رغبتي في القرآن و اجعله نورا لبصري و شفاء لصدري و ذهابا لهمّي و حزني……. اللّهم زيّن به لساني و جمّل به وجهي و قوّ به جسدي و ثقّل به ميزاني و ارزقني حق تلاواته، و قوّني على طاعتك آناء الليل و أطراف النهار، و احشرني مع النبي صلى الله عليه و آله الأخيار…….

Artinya:

Ya Allah, besarkanlah kecintaanku pada al-quran, jadikanlah ia cahaya bagi penglihatanku, obat bagi diriku dan penghilang rasa gundah dan kesedihanku…….. Ya Allah, hiasilah lisanku dengan al-quran, tampankanlah wajahku dengannya, kuatkanlah jasadku denganya, beratkanlah timbanganku dengannya dan berilah aku rizki kebenaran bacaannya, serta kuatkanlah aku untuk taat kepada-Mu sepanjang malam dan siang, dan kumpulkanlah aku bersama Nabi SAW serta Keluarga beliau.

Allah taala berfirman dalam surat Al-Muzammil ayat 4

أَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلا (٤)

4. atau lebih dari seperdua itu. dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan. (QS. Al-Muzammil : 4)

Diriwayatkan dari Nabi SAW bahwasannya beliau bersabda:

“إن الله يحب أن يقرأ القرآن كما أنزل”

“Sesungguhnya Allah menyukai al-quran dibaca sebagaimana diturunkan”

Nabi Muhammad SAW membaca Al-Quran sebagaimana malaikat Jibril membacakan kepadanya dari Tuhan Yang Maha Suci, kemudian Beliau mengajarkannya kepada para sahabat seperti yang Beliau dengar serta mentashihnya kepada malaikat Jibril. Kemudian para sahabat mengajarkannya kepada tabi’in, dan tabi’in mengajarkannya kepada pengikut mereka….. hingga pengajaran tersebut berlanjut sampai hari ini dalam mata rantai yang dimulai dari Nabi Muhammad SAW dari Malaikat Jibril dari Tuhan Semesta Alam Yang mengajari manusia hal yang tidak diketahui.

Para sahabat membaca al-quran dengan bacaan yang benar dan mentartilkan al-quran dengan berpegang teguh kepada tabi’at bangsa Arab, lahjah, kefasihan lisan, kualitas belajar dan , kekuatan hafalan, dan seperti halnya mereka tidak mengalami kesalahan dalam praktek berbicara arab yang dipelajari dari kaum mereka, begitu pula mereka tidak mengalami kesalahan dalam membaca al-quran setelah belajar dan mendengar dari Rasululloh SAW.

Sementara di kala itu kaidah-kaidah nahwu belum dibukukan, begitu pula dengan kaidah-kaidah tartil dan tajwid, maka setelah kesalahan-kesalahan baca mulai merata dimana-mana dan pula sampai kepada lisan orang ajam, maka orang-orang butuh menetapkan kaidah-kaidah ilmu tajwid seperti halnya mereka butuh menetapkan kaidah-kaidah nahwu.

Perlu diketahui bahwa hukum-hukum tajwid serta kaidah-kaidahnya belum ditetapkan untuk dipelajari dan dihafal pada tempat terpisah dari praktek baca al-quran, tapi pembelajaran hokum-hukum tajwid serta kaidah-kaidahnya adalah alat untuk praktek saat membaca al-quran, tidak ada makna untuk mengetahui hukmu-hukum tajwid, dan tiada makna untuk dapat menjawab dengan benar dari pertanyaan yang diberi penguji ketika seseorang tidak mempraktekan huku-hukum tersebut tiap saat membaca al-quran.

 

TARTIL

Disebutkan bahwa sayyidina Ali RA menafsirkan firman Allah SWT:

وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلا

Dan beliau berkata: هو تجويد الحروف و معرفة الوقوف “itu adalah mentajwidkan huruf dan mengetahui waqof”.

 

ILMU TAJWID

Ilmu Tajwid adalah ilmu yang digunakan untuk mengetahui tata cara membaca al-quran. Mentajwidkan huruf adalah praktek baca al-quran dengan lafal bagus yang mengikuti pengucapan yang paling bagus yakni pengucapan oleh Rasulullah SAW.

 

 

*diintisarikan dari kitab haqqut tilawah

Categories: Tajweed | Tags: , , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,586 other followers

%d bloggers like this: